Cari info paling update dan akurat seputar teknologi, kesehatan, lifestyle, properti yang terlengkap secara online.

Biar Enggak Salah Pilih, Berikut 6 Cara Mengetahui Ciri Madu Asli

Sudah menjadi rahasia umum, jika mengkonsumsi gula secara berlebih dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit. Contohnya seperti obesitas, gigi berlubang, hingga penyakit diabetes. Jika Anda suka manis, untuk menghindari risiko penyakit tersebut maka bisa mengganti gula dengan madu. Namun tidak semua madu yang dijual di pasaran adalah madu murni, melainkan madu dicampur dengan bahan lain. Biar tak salah pilih, yuk coba 6 cara mengetahui ciri madu asli.

6 Cara Untuk Tahu Ciri Madu Murni Bukan Oplosan
1. Tes Dengan Ibu Jari
Untuk mengetahui apakah madu yang dibeli masih murni, maka bisa dengan melakukan tes ibu jari. Coba letakkan sedikit madu di ibu jari. Jika madu menetes atau menyebar ke permukaan yang lain, maka ada kemungkinan madu yang dibeli tidak murni. Pasalnya madu murni biasanya memiliki tekstur yang kental dan tidak berair. Selain itu, madu murni juga memiliki tekstur lengket, jadi ketika menyentuh apapun akan menempel dan tidak menetes.

2. Tes Dengan Air
Air juga bisa digunakan sebagai alat untuk mengetahui apakah madu yang dibeli asli atau sudah dicampur dengan bahan lain. Caranya cukup mudah, dengan sendok teh ambil madu dan tuangkan ke dalam gelas yang telah berisi air. Jika larut dalam air, maka madu tersebut palsu. Pasalnya, madu asli ketika dimasukkan ke dalam air akan menjadi gumpalan dan mengendap di bagian bawah gelas.

3. Tes Kain Putih dan Kertas Blotting
Jika Anda ragu apakah madu yang dibeli asli atau palsu, maka coba tes dengan bantuan kain putih atau kertas blotting. Cobalah tuang satu sendok madu yang sudah dibeli ke atas kain putih atau kertas blotting. Jika menetes, maka bukan madu murni. Pasalnya madu oplosan cenderung akan menembus kain atau kertas hingga meninggalkan noda. Sedangkan madu yang asli tidak akan menembus kain atau kertas, bahkan tidak ada noda yang tertinggal.

4. Melakukan Tes Bakar
Agar tahu bahwa madu tersebut asli atau sudah dicampur dengan bahan lain, maka bisa melakukan tes bakar. Sebab ciri ciri dari madu asli adalah mudah terbakar. Untuk meminimalisir risiko, jangan pernah lakukan tes bakar madu tanpa ada persiapan. Cara tesnya cukup mudah, ambil korek api batang dan celupkan ke dalam madu. Jika batang korek api terbakar saat dinyalakan, maka madu yang dibeli adalah asli.

5. Melakukan Tes Panas
Banyaknya madu yang dijual oplosan, membuat was was jika madu yang katanya murni bisa saja sudah dioplos dengan bahan lain. oleh karena itu, untuk tahu jika madu tersebut murni ada baiknya melakukan tes panas. Sebab saat madu murni dipanaskan, maka teksturnya akan berubah menjadi karamel dan tidak berbusa. Namun madu yang tidak murni, teksturnya tidak akan berubah dan hanya memanas layaknya air.

6. Tes Dengan Sari Cuka
Salah satu cara untuk mengetahui ciri ciri madu asli adalah dengan cara tes sari cuka. Untuk melakukan tes tersebut sangat mudah. Pertama siapkan sari cuka, kemudian campurkan sedikit madu dengan air. Selanjutnya tambahkan 2 atau 3 tetes sari cuka dan tunggu beberapa saat. Jika memiliki busa, maka ada kemungkinan bahwa madu yang dibeli adalah palsu.

Itulah 6 cara yang bisa digunakan untuk tahu madu yang dibeli asli atau sudah dicampur dengan bahan lain. Akan tetapi, sebenarnya untuk mengetahui perbedaan ciri madu yang asli dan palsu bisa dilakukan dengan mata telanjang. Sebab madu yang asli akan memiliki tekstur yang padat namun tetap lembut, juga memiliki aroma yang manis. Semoga informasi ini dapat membantu.