Cari info paling update dan akurat seputar teknologi, kesehatan, lifestyle, properti yang terlengkap secara online.

Berikut Fakta-fakta Seputar Cek Virus Corona

Pandemi Corona yang saat ini sedang menjangkit di 202 negara di dunia adalah merupakan masalah yang cukup serius dan menjadi perhatian segala pihak. Tidak hanya mereka yang duduk di kursi pemerintahan akan tetapi dampaknya juga sangat terasa bagi seluruh warga negara termasuk salah satunya adalah di Indonesia. Cek virus corona serta perkembangannya yang terjadi saat ini di beberapa wilayah di Indonesia pasalnya selalu mengalami peningkatan jumlah pasien yang positif terjangkit Covid -19.

Karena penyebarannya yang sangat susah untuk dikendalikan, kondisi inilah yang kemudian membuat hampir negara-negara di dunia merasa kewalahan untuk menghadapi pandemi Covid-19. Saat berada di tengah pandemi corona seperti sekarang ini, ada banyak kemungkinan bahwa siapa saja bisa terjangkit virus tersebut. Tidak peduli mereka dari golongan orang kaya atau orang miskin. Meskipun pada dasarnya memang memiliki sistem imun yang bagus akan tetapi bila sering kontak dengan pasien positif Covid -19 maka besar kemungkinan akan terjangkit juga.

Dengan keadaan seperti yang saat ini tengah terjadi, sebenarnya siapa saja yang berhak bertanggung jawab untuk mengatasi segala dampak yang ditimbulkan dari virus tersebut. Apakah negara atau rakyat? Jawabannya adalah kedua lini tersebut harus saling bekerja sama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid -19. Caranya cukup mudah seperti yang telah dianjurkan oleh pemerintah yakni dengan melakukan social distancing atau pembatasan sosial. Kondisi yang tengah rawan seperti, tentu orang akan bertanya siapa saja yang seharusnya melakukan pengecekan untuk mengetahui bagaimana pola penyebaran virus tersebut dan siapa saja yang harus melakukan pengecekan. Berikut ini adalah beberapa penjelasannya:

1.    Seseorang yang wajib melakukan tes corona adalah mereka yang mengalami demam lebih dari 38 derajat Celsius. Tidak hanya dilihat dari gejala demam saja, tetapi mereka yang juga mengalami beberapa keluhan seperti batuk kering, lemas, sampai dengan bila kondisi sudah parah yakni mereka yang mengalami sesak nafas, sangat dianjurkan untuk segera melakukan pengecekan virus corona di rumah sakit yang telah ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan. Dan pernah kontak langsung dengan pasien yang positif Covid -19.

2.    Mereka yang pernah berkunjung ke negara-negara yang terjangkit Covid-19 juga sangat diharapkan untuk melakukan pemeriksaan corona dan setelah balik ke Indonesia ternyata mengalami gejala seperti demam yang tinggi, diare, sesak napas, tenggorokan sakit, batuk dan pilek. Dengan melihat kondisi tersebut segera hubungi pihak medis atau bisa juga hubungi layanan darurat di 119.

Ciri dan gejala seseorang terjangkit Covid -19 memang sangat mirip dengan mereka yang terkena serangan flu biasa. Akan tetapi, seperti yang kita ketahui bahwa flu biasa tidak memiliki dampak yang cukup serius tetapi memang bila kondisi tidak kunjung sembuh segera hubungi pihak dokter. Sedangkan apabila seseorang terjangkit Covid-19 gejalanya mirip flu tetapi dampaknya sangat mematikan. Bila tidak segera mendapatkan pertolongan yang tepat maka bisa terjadi hal yang tidak diinginkan yakni kematian dan bahkan bisa menulari orang lain.

Cek virus corona sebenarnya bisa dilakukan oleh setiap individu karena menurut beberapa penelitian menjelaskan bahwa saat ini sudah muncul penemuan baru yakni pasien tanpa gejala (PTG). Jadi orang ini tidak memiliki gejala seperti mereka yang terjangkit virus tersebut. Akan tetapi, meskipun tampak sehat sebenarnya mereka terjangkit Covid -19 dan harus segera mendapatkan penanganan yang serius sehingga virus tersebut tidak menular ke orang lain.